Senin, 09 Juni 2014

Cara Agar Tidak Mencontek


ARTIKEL UNIK DAN MENARIK
INFO UNIK DAN MENARIK
BERITA UNIK DAN MENARIK



Mencontek memang salah satu kebiasaan buruk yang pasti pernah dialami oleh semua siswa dan tidak bisa dihindari lagi keberadaannya. Memang mencontek adalah salah satu jalan pintas maupun alternatif untuk menjawab atau mengisi soal yang tidak kita ketahui jawabannya. Namun, bagaimana jika seseorang yang mencontek didapat oleh Pengawas ? Pasti seseorang tersebut di selimuti rasa malu maupun rasa bersalah dan berusaha untuk belajar lebih giat lagi agar tidak mencontek lagi.

Berikut CARA MENGHINDARI KEBIASAAN MENCONTEK  :
1.      Menyelidiki perkembangan pola belajar siswa
Perlunya menyelidiki perkembangan pola belajar siswa sebagai usaha pencegahan.Beri bantuan dan bimbingan pada siswa dalam belajar di rumah. Jika kemampuan siswa di bawah standar, maka berilah tambahan belajar di luar jam sekolah.
Sediakan akses terhadap bahan ajar yang cukup untuk semua siswa, jangan sampai kekurangan sehingga mereka dapat belajar dan mengerjakan tugas dengan baik.  Jika ada kesulitan, jangan bosan-bosan untuk ditanya dan dibantu.  Sediakan alat tulis, buku dan peralatan belajar yang cukup.
2.      Memberikan kejujuran
Katakan pada siswa jika segala sesuatu dengan kejujuranTampilkan sosok dan sikap seorang guru yang dalam keseharian di sekolah bahkan di rumah tidak suka mencontek dan mengedepankan kejujuran dalam hal apapun.  Usahakan.  Ini akan diidentifikasi oleh siswa dan menjadi teladan yang baik. 
3.      Memberikan wawasan tentang bahaya mencontek dan manfaat tidak mencontek
Berikan penjelasan tentang keburukan mencontek kepada siswaTanamkan pada anak bahwa mencontek itu tak akan menyelesaikan masalah.  Alih-alih menyelesaikan masalah, kalau dibiarkan terus menerus bagaimana anak akan menjadi pandai dan rajin belajar, kalau untuk mendapatkan nilai baik cukup dengan mencontek. 
4.      Memberikan motivasi
Bantulah siswa untuk menemukan jalan keluarnya dan berikan motivasi, jika   siswa merasa tidak siap untuk menghadapi tes dan merasa takut gagalYakinlah bahwasiswa bisa mengerjalkan sesuatu tanpa mencontek, yakinlah pada siswa denga menganggap dirinya paling pintar di antara teman lain, sehingga siswa bisa mengurangi rasa minder dan membuat siswa pelan-pelan meninggalkan kebiasaan mencontek.Membangkitkan rasa percaya diri siswa.  Membiasakan mereka berpikir lebih realistis dan tidak ambisius, menumbuhkan kesadaran hati nurani. Belajar menerima kekurangan hidup sebagai bagian proses perkembangan yang harus dilewati. Membuat cara belajar yang menarik bagi diri sendiri.
Pujilah atas usaha terbaiknya dan hargailahJika siswa ketahuan mencontek, jangan dihukum atau diejek namun berilah kesempatan untuk bertanggungjawabJangan membuat siswa merasa rendah.
5.      Menanamkan menyontek itu adalah perbuatan dosa
Menanamkan kebenaran firman Tuhan bahwa menyontek itu adalah perbuatan dosa. Pasang slogan anti mencontek atau kata-kata untuk menanamkan kejujuran pada siswa.  Pasang ditempat-tempat yang sering dilalui siswa dan mudah dilihat sehingga mereka merasa untuk selalu diingatkan.
6.      Menegur siswa yang mencontek
Jika dengan cara di atas, siswa masih juga mencontek terutama pada saat ulangan,tegur yang baik jangan dibiarkan apalagi seolah-olah tidak melihatUntuk siswa yang berulangkali masih mencontek jugakita tegur kalau perlu kita tangani (guru BK/Kepala Sekolah), dan sebaiknya dengan memanggil orangtua sehingga orangtua akan mengerti perkembangan anaknya di sekolah.

Memang kebiasaan mencontek tidak bisa lagi dihindari keberadaannya, namun kita harus mengurangi keberadaanya. Tidak usah mencari cara agar tidak mencontek tapi ujung-ujungnya tetap mencontek. Mengurangi kebiasaan mencontek itu hanya datang dari pribadi masing-masing. Wassalamu Alaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar