Selasa, 24 Januari 2017

INFORMASI KEDOKTERAN HEWAN

PENGETAHUAN
ARTIKEL UNIK DAN MENARIK
INFORMASI TERBARU
Assalamu alaikum wr.wb.
Selamat datang di blog yusril-paturusi.blogspot.com. Ini adalah pos terbaru saya setelah kurang lebih 3 tahun tidak memperbarui artikel di blog ini.
Seperti judulnya, artikel ini akan membahas sedikit mengenai Dokter Hewan. Saya berharap artikel ini dapat membantu siswa-siswi SMA kelas 3 yang masih bingung mengenai jurusan yang ingin dipilih. Silahkan menyimak dengan baik :)

A. Pengertian Kedokteran Hewan
Kedokteran hewan merupakan salah satu jenis ilmu dan praktik kedokteran, yang melakukan diagnosis, terapi, dan pencegahan penyakit pada hewan. Secara umum, semua jenis hewan dapat dikategorikan sebagai pasien, baik hewan domestik maupun liar.
Dalam bahasa Inggris, kedokteran hewan disebut veterinary medicine, sedangkan dokter hewannya sendiri disebut veterinary physician yang disingkat menjadi veterinarian (American English) atau veterinary surgeon (British English). Istilah ini berasal dari bahasa Latin, veterinarius. Veterinarius adalah nama yang diberikan kepada sekelompok orang yang bertugas untuk mengurusi veterinae (hewan pekerja).

B. Tugas dan Pasien Dokter Hewan
Dokter hewan merupakan salah satu profesi yang masih jarang ada di Indonesia. Dokter hewan sendiri merupakan jenis profesi unik yang tidak seperti kebanyakan orang. Apabila seseorang biasa melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan manusia, maka hal ini tidak terjadi pada dokter hewan. Dokter hewan, seusai namanya, memiliki tugas dan kewajiban yang berhubungan dengan hewan. Berikut beberapa tugas dari Dokter Hewan :
1.      Melakukan pemeriksaan medis terhadap hewan
2.      Menjaga dan merawat kesehatan hewan
3.      Menentukan jenis makanan yang baik untuk hewan
4.      Melakukan treatment kepada hewan
Pasien dari dokter hewan adalah seluruh hewan dan binatang, baik itu hewan peliharaan, hewan konservasi, hingga hewan liar. Dapat dibayangkan bagaimana besarnya jasa dari dokter hewan, yang mampu menangani berbagai jenis hewan dengan alam tempat tinggal yang berbeda, ataupun dengan anatomi yang berbeda. Untuk itulah, dokter hewan sangatlah penting dalam menangani masalah – masalah pada hewan.

C. Lapangan Pekerjaan Bagi Dokter Hewan
1. Praktek Menjadi Dokter Hewan Di Perkotaan
Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dokter hewan adalah dengan menjadi praktisi dan membuka klinik pengobatan hewan pribadi. Dengan bekal ilmu kedokteran hewan, maka dokter hewan dapat membantu para pencinta hewan peliharan yang mengalami gangguan seperti sakit, virus, dan infeksi, atau pengobatan lainnya (Jenis penyakit menular). Para pecinta hewan dapat memeriksakan hewan kesayangannya ke dokter hewan. Berikut ini beberapa jenis pelayanan yang dapat diberikan dokter hewan :
·         Perawatan dan pengobatan pada hewan peliharaan
·         Pemberian vaksinasi
·         Penanganan kecelakaan pada hewan
·         Pemeriksaan dan medical check up rutin pada hewan peliharaan.
2. Menjadi Dokter Pada Peternakan
Selain menjadi dokter hewan yang menangani hewan peliharaan, dokter hewan juga dapat menjadi tenaga medis hewan pada suatu peternakan. Dokter hewan yang bekerja di peternakan dapat memberikan solusi kesehatan bagi hewan – hewan ternak. Banyak sekali peternakan – peternakan hewan di Indonesia yang belum terlalu memperhatikan pentingnya dokter hewan. Padahal dokter hewan di dalam suatu peternakan sangatlah penting. Berikut ini beberapa tugas dari dokter hewan yang bekerja di dalam peternakan hewan :
  • Pemberian vaksin dan pemeriksaan rutin pada hewan ternak
  • Pengaturan nutrisi bagi hewan ternak
  • Bertanggung jawab terhadap mengatasi wabah – wabah yang menyerang hewan ternak
3. Menjadi Pengamat dari Satwa Liar
Indonesia merupakan salah satu Negara dengan jumlah satwa liar yang sangat banyak dan bervariasi. Bahkan mungkin masih ada spesies – spesies di alam liar sana yang belum teridentifikasi spesies – spesiesnya. Dokter hewan juga bisa menjadi pengamat satwa liar yang ada di Indonesia. Para dokte hewan dapat mengamati perilaku, jenis makanan, dan bagaimana kebutuhan – kebutuhan dari satwa – satwa liar. Selain itu, dokter hewan juga dapat menjadi presenter dari acara hewan alam liar. Selain itu, dokter hewan juga dapat membantu kebutuhan – kebutuhan satwa liar.
4. Menjadi Tenaga Medis Hewan Pada Pusat Konservasi
Apabila anda takut dalam menghadapi satwa – satwa yang hidp di alam liar, anda dapat menjadi tenaga medis pada pusat konservasi hewan. Dalam pusat konservasi hewan ini, dokter hewan dapat membantu mememnuhi kebutuhan hewan – hewan yang berada pada konservasi alam.beberapa treatment atau perlakuan yang bisa dilakukan oleh dokter hewan kepada hewan di dalam pusat konservasi, yaitu :
  • Mengamati kebutuhan – kebutuhhan dari hewan di ousat konservasi
  • Mmeberikan vaksin dan perawatan pada satwa – satwa yang berada di dalam pusat konservasi
  • Memberikan pengobatan pada hewan yang sakit pada pusat konservasi.
5. Menjadi Peneliti dan Spesialis dalam Penelitian Hewan
Dokter hewan pun dapat menjadi seorang peneliti dan spesialis dalam melakukan penelitian terhadap hewan penelitian ini dapat berupa banyak hal. Berikut ini beberapa hal yang dapat dikembangkan oleh dokter hewan yang berperan menjadi seorang peneliti :
  • Pengembangan pakan ternak
  • Penelitian tentang perilaku hewan
  • Pengembangan ilmu tentang dunia hewan
6. Pegawai Negei Sipil
Pegawai negeri sipil atau PNS merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh orang banyak. Dokter hewan pun sangat dibutuhkan sebagi Pegawai Negeri Sipil, terutama dalam departemen peternakan dan departemen hewan. Banyak sekali departemen yang mengurusi kebutuhan kesehatan dan pengembangan hewan, yang masihh kekurangan tenaga dokter hewan.
7. Tenaga Pengajar
Bagi anda yang sangat senang membantu sesama dengan membagikan ilmu, anda dapat menjadi tenaga pengajar di universitas. Tidak hanya menjadi tenaga pengajar di fakultas kedokteran hewan, anda juga dapat menjadi dosen dan tenaga pengajar pada fakultas dan departemen lain, seperti pertanian, peternakan, kehutanan, dan banyak lagi yang bisa anda bagikan ilmunya.
Itulah beberapa prospek kerja dari anda yang sudah atau akan menjadi dokter hewan. Prospek kerja yang sudah disebutkan bukanlah diurutkan berdasarkan dari penghasilan. Semoga bermanfaat.

D. Perguruan Tinggi yang Membuka Program Studi Kedokteran Hewan
Berikut ini adalah beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia yang membuka Program Studi Kedokteran Hewan. Sampai tahun 2017 ini, sudah ada 11 Perguruan Tinggi dan yang terbaru adalah Universitas Padjajaran (UNPAD) di Bandung.
1.     Universitas Syiah Kuala (Aceh)
2.     Institut Pertanian Bogor (Bogor)
3.     Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta)
4.     Universitas Airlangga (Surabaya)
5.     Universitas Wijaya Kusuma (Surabaya)
6.     Universitas Brawijaya (Malang)
7.     Universitas Udayana (Denpasar)
8.     Universitas Nusa Tenggara Barat (Mataram)
9.     Universitas Hasanuddin (Makassar)
10.   Universitas Nusa Cendana (Kupang)
11.   Universitas Padjadjaran (Bandung)
Sekedar informasi untuk pembaca, Alhamdulillah saya Achmad Yusril Ihzamahendra salah satu dari ribuan mahasiswa Kedokteran Hewan di Indonesia. Dan saya adalah mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Hasanuddin (UNHAS) di Makassar. Sangat bangga rasanya saya menjadi salah satu dari ribuan calon Dokter Hewan. Rasa bangga itu sama dengan rasa bangga mereka yang dapat lulus di Kedokteran Umum dan Gigi. Semoga saya kelak dapat mengabdikan ilmu dan pengetahuan saya untuk lebih memajukan negara Indonesia.

D. Alasan Memilih Program Studi Kedokteran Hewan Universitas Hasanuddin
            Satu semester sebelum pendaftaran SNMPTN dilakukan saya mencari informasi di internet mengenai program studi yang tepat untuk saya. Saya memulai dengan jurusan-jurusan yang masuk dalam kedokteran yaitu, kedokteran umum, kedokteran gigi dan kedokteran hewan. Lalu saya membaca satu per satu secara detail ketiga program studi tersebut. Dan saya tertarik dengan Kedokteran Hewan. Alasan saya tertarik dengan program studi tersebut karena profesi Dokter Hewan masih sangat jarang di Indonesia padahal lapangan pekerjaan Dokter Hewan di Indonesia sangat luas dan sangat dibutuhkan.
Banyak orang yang tidak tau bahwa dokter hewan bukan hanya menjaga kesehatan hewan. Namun, Dokter Hewan juga menjaga kesehatan manusia melalui hewan yang dikonsumsinya. Karena menurut survey yang saya baca 75% makanan yang dikonsumsi oleh manusia berasal dari hewan. Bayangkan apabila tidak ada profesi yang menjamin kesehatan hewan yang manusia yang konsumsi. Pasti banyak manusia di dunia ini yang terkena penyakit yang ditularkan dari hewan yang mereka konsumsi. Jadi, menurut saya Dokter Hewan adalah Profesi yang mulia. Manusya Mriga Satwa Sewaka (Mensejahterakan manusia melalui hewan) !
Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Dan untuk siswa-siswi SMA yang masih bingung untuk memilih jurusan yang tepat, tentukan pilihan kalian sekarang. Carilah jurusan apa yang sangat dibutuhkan Indonesia saat ini.
Wassalamu alaikum wr.wb

2 komentar: